10 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Touchpad pada laptop dan komputer Windows 10 sering kali tiba-tiba berhenti berfungsi.

Terkadang fungsi scroll touchpad berhenti berfungsi dengan baik, sementara di lain waktu, touchpad mungkin sama sekali tidak terdeteksi oleh perangkat Windows 10.

Penyebab Masalah Touchpad Windows 10

Masalah yang berkaitan dengan touchpad pada tablet, laptop, dan komputer Windows 10 dapat disebabkan oleh software dan driver yang bentrok atau versi system operasi Windows 10 yang kedaluwarsa.

Hardware yang rusak juga bisa menjadi penyebab umum masalah touchpad, seperti halnya perubahan penting pada pengaturan.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi

Masalah touchpad dapat berasal dari hardware atau driver yang menyalakannya di Windows.

Setelah Anda mengetahui akar masalahnya, memecahkan masalahnya sangat mudah.

Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mempersempit penyebabnya dan memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi.

1. Konfirmasikan bahwa trackpad terhubung dengan benar

Jika touchpad Anda tidak berfungsi, pastikan itu terhubung ke perangkat Windows 10 dengan benar.

Jika Anda menggunakan touchpad yang terhubung melalui USB, periksa apakah kedua ujung kabel penghubung telah dicolokkan sepenuhnya.

Jika touchpad adalah bagian dari keyboard, seperti Type Cover pada Surface Pro dan Surface Book, pastikan keyboard terhubung sepenuhnya ke tablet tanpa ada benda asing yang menghalangi cabang penghubung.

Jika touchpad dan keyboard Anda terpasang di sistem Anda (seperti di laptop/notebook), ini akan lebih sulit.

Lewati ke langkah 5; jika langkah selanjutnya tidak membantu masalah Anda, Anda mungkin memiliki masalah hardware dan mungkin ingin membawa system Anda ke tukang service.

2. Lepaskan dan sambungkan kembali touchpad

Salah satu cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi adalah dengan mencabut dan menyambungkannya kembali.

Mencabut dan menyambungkan kembali touchpad dapat memperbaiki masalah sambungan.

Jika Anda menggunakan Type Cover pada perangkat Surface, ini dapat dilakukan dengan melepaskan dan memasang kembali Type Cover.

3. Periksa baterai touchpad

Jika touchpad terhubung ke perangkat Windows 10 menggunakan Bluetooth dan berhenti berfungsi dengan benar, baterainya mungkin kehabisan daya.

Ganti baterai lama dengan yang baru untuk melihat apakah ini memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi.

4. Aktifkan Bluetooth

Jika touchpad Bluetooth Anda dihidupkan tetapi tidak terhubung ke komputer Windows 10 Anda, lihat apakah Bluetooth dinonaktifkan.

Anda dapat memeriksanya dengan membuka Action Center dan melihat ubin Bluetooth.

Jika menyala, itu diaktifkan. Jika redup, itu dimatikan.

Aktifkan Bluetooth dengan menekan ubin.

Tips: Untuk membuka Action Center di Windows 10, klik icon Notifications di sudut kanan bawah layar. Jika perangkat menggunakan touchscreen, Anda dapat membuka Action Center dengan menggeser ke dalam dari sisi kanan layar.

5. Restart perangkat Windows 10

Melakukan restart pada komputer, laptop, atau tablet Windows 10 sering kali dapat memperbaiki masalah, termasuk touchpad yang tidak berfungsi dengan benar.

Untuk merestart perangkat Windows 10, buka Start Menu, pilih Power, dan pilih Restart.

6. Aktifkan Touchpad di Pengaturan

Bisa jadi touchpad tidak berfungsi karena telah dinonaktifkan dari dalam Windows 10 oleh Anda sendiri, pengguna lain, atau aplikasi.

Ini mungkin berbeda untuk setiap perangkat, tetapi umumnya untuk memeriksa apakah touchpad Anda telah dinonaktifkan di Windows 10 dan untuk mengaktifkannya kembali, buka Settings > Devices > Touchpad, dan pastikan switch di bagian atas halaman disetel ke On.

Tips: Untuk membuka Pengaturan di Windows 10, buka Start Menu dan klik icon roda gigi Settings. Atau, Anda dapat membuka Pengaturan dengan mengklik ubin All Setting di Action Center.

7. Periksa pembaruan Windows 10

Pembaruan Windows 10 menginstal versi terbaru dari sistem operasi dan driver perangkat untuk perangkat Anda yang berbeda, selain pembaruan firmware yang diperlukan untuk membantu touchpad dan perangkat lain berjalan dengan benar.

Tips: Pastikan perangkat Windows 10 dicolokkan ke sumber daya saat memperbarui karena prosesnya dapat menguras daya baterai. Kesalahan dapat terjadi jika perangkat mati saat file baru diinstal dan perubahan dilakukan.

8. Perbarui driver perangkat

Terkadang Anda perlu memperbarui driver perangkat agar lebih kompatibel dengan hardware dan sistem operasi.

Tips: Jika Device Manager tidak muncul saat mencarinya, klik menu Filters di bagian atas hasil pencarian dan pilih Settings.

9. Instal driver secara manual

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer Windows 10 pihak ketiga seperti yang dibuat oleh Acer, HP, Lenovo, atau Dell, Anda mungkin perlu menginstal driver perangkat baru secara manual agar touchpad berfungsi dengan baik dengan versi terbaru Windows 10.

Seperti Dell, sebagian besar perusahaan memiliki halaman di situs web resmi mereka tempat Anda dapat mendownload dan menginstal driver.

Perhatian: Saat menginstal driver secara manual, download driver yang benar untuk model produk Anda. Untuk memeriksa nama perangkat dan nomor model Windows 10, buka Settings > System > About.


Baca juga:

Tinggalkan komentar