Cara Settings Remote TV Universal

Remote Universal memudahkan Anda mengontrol TV dan komponen lainnya.

Untuk memulai, pastikan Anda:

• Pasang baterai ke dalam Remote Universal.

• Mampu mengarahkan Remote Universal ke TV atau perangkat lain yang Anda coba kendalikan selama pemrograman. Jika “tautan” ini rusak, Anda harus memulai kembali proses pemrograman.

Catatan: Opsi dan langkah pemrograman khusus dapat berbeda untuk setiap merek dan model remote control universal. Berikut ini adalah contoh opsi yang mungkin diberikan dan langkah-langkah yang mungkin diperlukan.

Cara setting remote TV universal dengan Direct Code Entry

Cara setting remote tv universal

Cara termudah untuk memprogram Remote Universal adalah dengan memasukkan kode yang mengidentifikasi produk yang ingin Anda kendalikan.

Kode dapat diberikan melalui “code sheet” atau halaman web di mana kode dicantumkan berdasarkan merek dan jenis perangkat (TV, Cable Box, Blu-ray Disk player, VCRs, dan lainnya).

Berikut cara setting remote tv universal:

1. Nyalakan perangkat yang ingin Anda kontrol.

2. Tekan dan tahan tombol DEVICE yang sesuai pada Remote Control Universal Anda (beberapa remote mengharuskan Anda menekan tombol Setup sebelum menekan tombol device). LED untuk perangkat dan tombol power akan menyala.

Tips: Meskipun tombol mungkin diberi label untuk perangkat tertentu, Anda dapat menggunakannya untuk perangkat apa pun yang kompatibel, Anda hanya perlu mengingat tombol mana yang sesuai dengan perangkat yang Anda kontrol setelah pemrograman selesai.

3. Dengan menekan tombol device pada remote, MASUKKAN KODE untuk merek perangkat.

Jika sebuah merek memiliki lebih dari satu kode, mulailah dengan yang pertama. Saat Anda memasukkan kode, tombol power pada remote akan mati.

4. Setelah memasukkan kode, terus tahan tombol device. Jika tombol kontrol power menyala dan tetap menyala, kode yang Anda telah masukkan benar.

5. Jika tombol power berkedip beberapa kali, maka kode yang Anda masukkan salah. Setiap kali Anda tidak berhasil, ulangi langkah code entry untuk setiap kode sampai berhasil.

6. Setelah pemrograman, lihat apakah remote universal mengontrol fungsi dasar perangkat Anda. Untuk TV, Anda harus dapat mematikan dan menghidupkannya, mengubah channel, volume, dan input sumber.

Tips: Jika menggunakan Direct Code Entry, tulis kode yang berhasil di panduan pengguna Anda untuk referensi bila Anda membutuhkannya nanti.

Cara setting remote TV universal dengan Auto Code Search

Auto Code Search dapat digunakan jika Anda tidak memiliki akses ke kode khusus untuk merek atau jenis perangkat yang ingin Anda kontrol.

Remote Universal akan mencari di seluruh daftar kode yang ada di databasenya, menguji beberapa kode sekaligus.

Berikut adalah cara setting remote tv universal dengan auto code search:

1. Nyalakan TV Anda atau perangkat lain yang ingin Anda kendalikan.

2. Tekan dan lepaskan tombol DEVICE pada remote Anda yang terkait dengan produk yang ingin Anda kontrol (TV, dll.). Seperti disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan perangkat apa pun dengan salah satu tombol berlabel—jangan lupa menulisnya.

3. Tekan kembali Tombol Device, serta tombol POWER secara bersamaan. Tombol power akan mati dan kemudian hidup kembali.

4. Lepaskan kedua tombol.

5. Tekan dan lepaskan tombol PLAY di remote, lalu tunggu beberapa detik dan lihat apakah perangkat yang Anda coba kendalikan mati. Jika demikian, maka remote telah menemukan kode yang benar. Jika perangkat Anda masih hidup, tekan kembali tombol play dan lakukan proses menunggu dan mematikan. Lakukan ini sampai perangkat Anda mati.

6. Selanjutnya tekan dan lepaskan tombol REVERSE remote Anda setiap dua detik hingga perangkat Anda menyala kembali. Ketika akhirnya berhasil, remote telah berhasil mencari kode yang tepat.

7. Tekan tombol STOP untuk menyimpan kode.

8. Tes beberapa fungsi pada remote dan lihat apakah remote sudah berfungsi untuk perangkat Anda.

Cara setting remote TV universal dengan Brand Code Search

Dengan menggunakan prosedur yang sama seperti Auto Code Search, Anda mungkin dapat mempersempit pencarian Anda menjadi hanya satu merek. Ini berguna jika merek menyediakan lebih dari satu kode.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Nyalakan perangkat yang ingin Anda kontrol (TV, VCR, DVD, DVR, dll).

2. Temukan Kode Brand dari daftar yang disediakan bersama Remote Control Universal Anda.

3. Tekan dan tahan tombol DEVICE yang ingin Anda program (TV, DVD, dll…). Saat LED untuk tombol itu menyala dan tetap menyala, terus tahan tombol itu.

4. Sambil menahan tombol DEVICE, tekan dan tahan tombol POWER. Tombol power harus menyala.

5. Lepaskan tombol power dan device. Tombol device harus tetap menyala (jika tidak, ulangi langkah-langkahnya).

6. Dengan menggunakan keypad remote universal, masukkan KODE pertama dari merek yang Anda cari. Lampu LED untuk tombol device itu akan tetap menyala.

7. Tekan dan lepaskan tombol Power berulang kali hingga perangkat yang Anda coba kendalikan mati. Jika perangkat mati, Remote Universal telah menemukan kode yang benar.

8. Tekan tombol STOP pada remote universal Anda untuk menyimpan kode (lampu LED akan mati).

9. Gunakan beberapa tombol (channel, volume, dll…) untuk melihat apakah perangkat sekarang dapat dikontrol dengan Remote Universal Anda.

10. Jika perangkat Anda tidak mati dan lampu LED berkedip empat kali, ini berarti Anda telah kehabisan kode untuk merek tersebut dan Anda perlu menggunakan metode pemrograman lain.

Cara setting remote TV universal dengan Manual Code Search

Anda juga dapat memprogram remote dengan memintanya memeriksa setiap kode satu per satu.

Namun, perlu diingat bahwa karena ada begitu banyak kode, proses ini bisa memakan waktu lama.

Ini adalah langkah-langkah untuk memulai opsi ini:

1. Nyalakan TV Anda atau perangkat lain yang ingin Anda kendalikan.

2. Tekan dan tahan tombol DEVICE dan POWER yang sesuai pada remote secara bersamaan. Tunggu hingga tombol power menyala lalu lepaskan kedua tombol tersebut.

3. Arahkan remote ke TV atau perangkat lain, tekan tombol Power pada remote dan tunggu 2 detik.

4. Jika TV atau perangkat Anda mati, remote telah menemukan Kode yang benar. Tekan STOP untuk menyimpan kode.

5. Jika perangkat Anda tidak bisa dimatikan, tekan tombol Power lagi sehingga remote menguji kode berikutnya dalam database. Lakukan langkah ini sampai kode yang benar ditemukan.

Cara setting remote TV universal dengan Pemrograman melalui IR Learning

Jika didukung, metode IR learning mengharuskan penempatan remote universal dan remote perangkat yang ingin Anda kontrol sehingga keduanya saling menunjuk.

Hal ini memungkinkan sinar kontrol IR dikirim dari remote perangkat asli ke remote universal.

1. Tekan tombol perangkat yang sesuai: TV, dll.

2. Aktifkan learning mode untuk remote universal Anda. Jika tidak ada tombol learn pada remote Anda, Anda perlu membaca panduan pengguna untuk mengetahui tombol mana yang menjalankan fungsi ini—tidak semua Remote Universal mendukung opsi ini.

3. Tekan tombol pada remote universal (seperti volume turun) dan kemudian tekan tombol fungsi yang sesuai (volume turun) pada remote perangkat.

4. Ulangi langkah-langkah ini untuk setiap fungsi yang ingin Anda duplikat (seperti volume atas, channel naik, channel turun, input select, dll.) pada remote universal Anda.

Proses membosankan karena membutuhkan waktu yang lama, terutama jika Anda memiliki beberapa perangkat yang ingin Anda kendalikan.

Namun, jika Anda tidak memiliki akses ke kode remote control, atau jika metode lain gagal, Anda mungkin dapat menggunakan proses IR learning sebagai uapaya terakhir, asalkan Remote Universal Anda mendukung opsi pemrograman ini.

Cara setting remote TV universal dengan Pemrograman melalui PC

Pilihan pemrograman lain yang tersedia untuk beberapa Remote Universal adalah dengan PC.

Salah satu brand yang mendukung opsi ini adalah Logitech Harmony .

Alih-alih mencari kode yang benar, Anda cukup mencolokkan Logitech Harmony Remote langsung ke PC Anda melalui koneksi USB dan melakukan semua pemrograman Anda secara online melalui situs web Logitech Harmony, yang tidak hanya memiliki database yang terus diperbarui sekitar 250.000 kode kontrol, tetapi juga menghemat semua preferensi pengaturan pemrograman Anda untuk akses mudah saat dibutuhkan.

Pengaturan tipikal meliputi:

1. Pilih atau masukkan nomor model Remote Control Logitech Harmony Universal.

2. Tentukan jenis dan merek perangkat yang ingin Anda kontrol.

3. Buat Aktivitas yang memungkinkan Anda mengaktifkan dan melakukan beberapa tugas tambahan di beberapa perangkat secara bersamaan.

Perlu diperhatikan

Remote Universal adalah cara yang bagus untuk mengosongkan ruang di meja kopi Anda, tetapi ingat juga hal berikut:

• Remote universal tidak selalu merupakan pengganti keseluruhan untuk yang asli.

Beberapa hanya mengontrol fungsi dasar, sementara yang lain mungkin menyediakan akses ke advanced picture, sound, network, dan pengaturan fitur Smart TV.

Namun, penggunaan remote asli mungkin masih diperlukan untuk beberapa atau semua fitur advance, jadi simpan remote asli Andaa, dan beberapa baterai, di tempat yang mudah Anda temukan.

• Tidak semua Remote Universal dapat diperbarui.

• Saat hendak membeli Remote Universal, perhatikan opsi pemrograman apa yang tersedia.

• Periksa apakah remote memiliki memori sementara yang menyimpan informasi kontrol selama beberapa menit saat Anda harus mengganti baterai. Jika tidak, Anda mungkin harus memprogram ulang remote.

Seperti disebutkan di bagian atas halaman, opsi dan langkah pemrograman dapat bervariasi dari satu Merek/Model Remote Universal dengan yang lain. Baca panduan pengguna Anda untuk rincian spesifik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara memprogram remote universal RCA saya ke TV saya?

Untuk memprogram remote universal RCA yang tidak memiliki tombol Code Search untuk bekerja dengan TV apa pun, hidupkan TV, arahkan remote ke TV, dan tekan dan tahan tombol TV pada remote. Tahan terus tombol TV saat lampu menyala lalu tekan dan tahan tombol Power di remote sampai lampu mati dan nyala lagi. Selanjutnya, tekan tombol Power pada remote selama lima detik hingga TV mati. TV mati saat remote menemukan kode remote universal yang benar. Perhatikan bahwa Anda juga dapat menggunakan petunjuk ini untuk memprogram remote universal RCA ke DVD player tanpa kode.

Bagaimana cara memprogram remote universal GE jika saya tidak memiliki kodenya?

Bila Anda ingin memprogram remote universal GE ke TV tetapi tidak memiliki kode, hidupkan TV dan tekan tombol Code Search pada remote hingga lampu indikator menyala. Selanjutnya tekan tombol TV lalu tekan tombol Power sampai TV mati. Setelah TV mati, tekan Enter pada remote untuk menyimpan kode di remote.

Bagaimana cara memprogram remote universal Philips saya?

Jika Anda tidak memiliki kode untuk remote control Philips, hidupkan TV Anda, cari tombol Setup atau Code Search pada remote, dan tahan tombol selama 10 detik. Kemudian, tekan tombol TV pada remote dan tekan tombol Up atau Down hingga channel berubah. Saat Anda dapat mengubah channel, tekan tombol Power pada remote untuk mematikan TV dan menyelesaikan program.

Bagaimana cara memprogram remote universal Innovage Jumbo?

Jika Anda tidak tahu kode untuk remote universal Jumbo Anda, Anda harus menggunakan fungsi Code Search. Untuk memulai, hidupkan perangkat yang ingin Anda kendalikan dengan remote, arahkan remote ke perangkat, dan tekan tombol Code Search pada remote hingga lampu pada remote tetap menyala. Kemudian, tekan tombol untuk perangkat yang ingin Anda program. Saat lampu pada remote tetap menyala, tekan tombol Power pada remote hingga perangkat mati (Anda mungkin perlu menekan tombol Power beberapa kali). Setelah perangkat mati, tekan Enter pada remote untuk menyimpan kode.

Tinggalkan komentar