9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Sinyal WiFi yang lemah mempersulit gaya hidup online Anda, tetapi ada banyak cara memperkuat sinyal WiFi Anda untuk meningkatkan produktivitas dan kesenangan.

Banyak orang suka memperluas jangkauan WiFi mereka sehingga mereka bisa menikmati udara segar di luar dan tetap tersambung ke internet.

Bagi yang lain, kecepatan penelusuran mungkin lambat di dalam rumah, ruangan tertentu mungkin berada di zona mati nirkabel, atau mereka mengalami banyak buffering ketika streaming film tanpa .

Jika Anda mengalami salah satu dari ini, coba kombinasikan saran di sini untuk memperkuat sinyal WiFi dan memperluas jangkauannya untuk meningkatkan koneksi Anda.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop dan Android

Cara memperkuat sinyal WiFi
tekno.tempo.co

Lakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal Wi-Fi Anda

1. Pindahkan Router atau Perangkat Gateway

Jangkauan jaringan WiFi yang khas sering tidak mencakup seluruh rumah.

Jarak dari router dan penghalang fisik antara perangkat dan router mempengaruhi kekuatan sinyal.

Penempatan router broadband WiFi atau perangkat gateway jaringan lainnya secara langsung memengaruhi jangkauan sinyalnya.

Bereksperimenlah dengan mengubah posisi router Anda di lokasi berbeda untuk menghindari penghalang fisik dan gangguan radio, yang merupakan dua pembatas jangkauan umum untuk peralatan WiFi.

Sumber umum hambatan sinyal WiFi di tempat tinggal termasuk dinding bata, peralatan dari logam besar, oven microwave, dan telepon nirkabel.

Terkadang, menaikkan tinggi router meningkatkan jangkauan karena banyak penghalang berada di ketinggian lantai atau pinggang.

2. Ubah Nomor dan Frekuensi Saluran WiFi

Interferensi nirkabel yang membatasi jangkauan dapat disebabkan oleh jaringan WiFi tetangga yang menggunakan saluran radio WiFi yang sama.

Mengubah nomor saluran WiFi pada peralatan Anda dapat menghilangkan gangguan ini dan meningkatkan kekuatan sinyal secara keseluruhan.

Semua router memiliki pita 2,4 GHz, tetapi jika Anda memiliki router dual-band — yang memiliki pita 2,4 GHz dan 5 GHz — kemungkinan besar Anda akan mengalami gangguan yang lebih sedikit pada pita 5 GHz.

Periksa situs web atau dokumentasi pabrikan router untuk instruksi.

3. Perbarui Firmware Router

Produsen router melakukan perbaikan pada software mereka dan mengeluarkan pembaruan firmware untuk meningkatkan kinerja produk mereka.

Perbarui firmware router sesekali, meskipun Anda tidak mengalami masalah dengan router, untuk pembaruan keamanan dan peningkatan lainnya.

Beberapa router memiliki proses pembaruan bawaan, tetapi sebagian besar model lama mengharuskan Anda untuk mencari pembaruan dan mengunduhnya dari produsen peralatan.

4. Tingkatkan Router Atau Antena Radio Gateway

Antena WiFi stok di sebagian besar peralatan jaringan rumah tidak menangkap sinyal radio serta beberapa antena purnajual.

Sebagian besar perute modern memiliki antena yang dapat dilepas karena alasan ini.

Pertimbangkan untuk meningkatkan antena di router Anda dengan yang lebih kuat.

Beberapa produsen router mengiklankan antena gain tinggi pada produk mereka, tetapi antena ini cenderung hanya ditawarkan pada model yang mahal, sehingga antena ini dapat memperoleh manfaat dari peningkatan.

Juga, pertimbangkan antena terarah, yang mengirimkan sinyal ke arah tertentu daripada ke segala arah, ketika router Anda terletak di ujung rumah.


Baca juga:

• 3 Cara cek kekuatan sinyal WiFi

5. Tambahkan Penguat Sinyal

Booster dua arah memperkuat sinyal nirkabel di kedua arah pemancar dan penerimaan — poin penting karena transmisi WiFi adalah komunikasi radio dua arah.

Tambahkan penguat sinyal WiFi (terkadang disebut penguat sinyal) ke router, titik akses, atau klien WiFi di tempat antena biasanya terhubung.

6. Coba Titik Akses Nirkabel

Bisnis terkadang menggunakan lusinan titik akses nirkabel (AP) untuk menutupi gedung perkantoran besar.

Banyak rumah tidak akan mendapat manfaat dari memiliki AP, tetapi tempat tinggal besar bisa.

Titik akses nirkabel membantu menutupi ruangan sudut yang sulit dijangkau atau teras luar ruangan.

Menambahkan titik akses ke jaringan rumah membutuhkan menghubungkannya ke router atau gateway utama.

Router broadband kedua sering kali dapat digunakan sebagai pengganti AP biasa karena banyak router rumah menawarkan mode titik akses khusus untuk tujuan ini.

7. Gunakan A Wi-Fi Extender

Sebuah extender nirkabel adalah unit yang berdiri sendiri diposisikan dalam jangkauan router atau titik akses nirkabel.

Alat perluasan Wi-Fi berfungsi sebagai stasiun relai dua arah untuk sinyal Wi-Fi.

Klien yang terlalu jauh dari router atau AP asli dapat diasosiasikan dengan jaringan nirkabel lokal yang sama melalui extender.

Catatan: Alternatif untuk alat perluasan WiFi adalah mesh network , yang menggunakan perangkat seperti router di setiap ruangan untuk melayani WiFi di ruangan itu.

Beli alat perluasan Wi-Fi dan pasang sesuai dengan petunjuk pabrikan.


Baca juga:

• 8 Cara mengatasi autentikasi WiFi

8. Coba Alat Quality of Service

Ketika beberapa orang menggunakan koneksi WiFi yang sama, Quality-of-Service ikut bermain.

Alat QoS membatasi jumlah bandwidth yang digunakan aplikasi.

Anda dapat menentukan aplikasi dan layanan mana yang menerima prioritas, dan mengatur prioritas untuk waktu yang berbeda dalam sehari.

QoS mencegah streaming video agar tidak merendahkan ketika semua orang di rumah Anda memutuskan untuk mengunduh file atau memainkan video game favorit mereka sekaligus.

Mereka masih dapat mengunduh file mereka dan memainkan game, hanya dengan kecepatan yang lebih lambat, sehingga Anda dapat menikmati film Anda.

Ubah pengaturan QoS , yang biasanya terletak di pengaturan lanjutan antarmuka router.

Anda mungkin melihat pengaturan permainan atau multimedia yang memprioritaskan bandwidth untuk aplikasi tertentu tersebut.

Anda tidak akan menemukan alat praktis ini di router lama. Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan untuk ini, router Anda mungkin perlu diperbarui.

9. Ganti Router yang Sudah Lama

Produsen peralatan melakukan perbaikan pada produk mereka.

Jika Anda telah menggunakan router yang sama selama bertahun-tahun, Anda akan melihat peningkatan Wi-Fi yang luar biasa dengan membeli router generasi saat ini.

Standar saat ini untuk router adalah 802.11ac , dan Wi-Fi 6 (802.11ax) sedang dikembangkan.

Jika Anda menjalankan router pada 802.11g atau 802.11b standar, Anda tidak dapat berbuat banyak untuk memperbaikinya.

Bahkan router 802.11n yang lebih cepat tidak dapat mengimbangi standar ac (Wi-Fi 5) dan ax (Wi-Fi 6).


Baca juga:

5 Cara melihat password wifi di hp

9 Cara mengatasi WiFi limited access

Tinggalkan komentar