Cara Menghapus Temporary File di Windows 10

Salah satu cara yang sangat mudah untuk mengosongkan sebagian ruang disk di Windows adalah dengan menghapus temporary file, terkadang disebut sebagai file temp.

File temp persis seperti yang mungkin terdengar: File yang penggunaannya hanya bersifat sementara yang dibuat secara otomatis oleh sistem windows atau sebuah program untuk menyimpan data sementara ketika file sedang diproses, digunakan atau dibuat, tetapi sekarang hanya membuang-buang ruang.

Dan pada panduan ini kita akan menjelaskan cara menghapus temporary file di Windows 10 dan versi Windows laiinya.

Sebagian besar temporary file disimpan di dalam sebuah folder yang disebut folder Windows Temp, lokasinya bisa berbeda pada tiap komputer, dan bahkan antar pengguna.

Anda bisa membersihkan folder Temp secara manual di Windows dengan cepat, bahkan bisa dari satu menit tetapi bisa lebih lama tergantung pada seberapa besar koleksi temporary file.

Catatan: Anda dapat menghapus temporary file dengan cara yang diuraikan di bawah ini pada versi Windows apa pun, termasuk Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

Cara Menghapus temporary file di Windows 10

Cara menghapus temporary file di laptop windows 10

Cara menghapus temporary file di laptop Windows 10 cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih kotak pencarian Cortana tepat di sebelah kanan tombol Start pada taskbar WIndows 10.

Pada Windows 8.1: Klik kanan atau ketuk dan tahan tombol Start, lalu pilih Run.

Dan pada Windows 8.0: Cara termudah untuk mengakses Run adalah dari layar Aplikasi.

Di versi Windows sebelumnya, pilih Start untuk membuka kotak search atau fin run.

Cara lain untuk membuka kotak dialog Run adalah dengan memasukkan pintasan keyboard WIN + R.

2. Di jendela Run atau kotak search, masukkan perintah berikut:

%temp%

Perintah ini, yang secara teknis merupakan salah satu dari banyak Enviroment variables di Windows, akan membuka folder yang telah ditetapkan Windows sebagai folder Temp, mungkin C: \ Users \ [username] \ AppData \ Local \ Temp.

3. Pilih semua file dan folder dalam folder Temp yang ingin Anda hapus. Kecuali ada file yang tidak ingin Anda hapus karena suatu alasan, pilih semuanya.

Tips: Jika Anda menggunakan keyboard atau mouse, klik satu item, lalu gunakan pintasan keyboard Ctrl + A untuk memilih setiap item di dalam folder. Jika Anda menggunakan antarmuka sentuh saja, pilih Select All dari menu Home di bagian atas folder.

Catatan: Anda tidak perlu mengetahui untuk apa setiap file temporer yang akan Anda hapus, atau untuk apa atau berapa banyak file yang disertakan dalam subfolder yang Anda pilih. Windows tidak akan membiarkan Anda menghapus file atau folder apa pun yang masih digunakan.

4. Hapus semua file dan folder sementara yang Anda pilih, baik menggunakan tombol Delete pada keyboard atau tombol Delete dari menu Home.

Catatan: Anda mungkin diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin Delete Multiple File (Menghapus Beberapa Item), tergantung versi Windows Anda, dan bagaimana komputer Anda dikonfigurasi, . Pilih Yes pada jendela khusus  Confirm Multiple File Delete yang muncul. Tangani semua pesan tentang file tersembunyi di folder ini dengan cara yang sama — tidak masalah juga untuk menghapusnya.

5. Pilih Skip jika muncul peringatan File In Use atau Folder In Use selama proses penghapusan temporary file.

Windows memberi tahu Anda bahwa file atau folder yang Anda coba hapus terkunci dan masih digunakan oleh suatu program, atau bahkan mungkin Windows itu sendiri.

Melewati ini memungkinkan untuk menghapus data yang tersisa.

Tips: Jika Anda mendapatkan banyak pesan ini, centang kotak Do this for all current items lalu pilih Skip. Anda harus melakukannya sekali untuk pesan file dan sekali lagi untuk folder, tetapi peringatan itu tidak akan muncul lagi setelah itu.

Catatan: Jika Anda melihat pesan seperti Error Deleting File or Folder yang akan menghentikan proses penghapusan file temp sepenuhnya, meskipun ini jarang terjadi. Namun jika Anda mengalami hal ini, restart komputer Anda dan coba lagi. Jika itu tidak berhasil, coba mulai Windows dalam Safe Mode dan ulangi langkah-langkah di atas.

6. Tunggu beberapa saat dan semua file temporer akan terhapus.

Proses ini dapat berlangsung hanya beberapa detik jika Anda hanya memiliki beberapa file di folder ini, dan bisa berlangsung lebih lama jika file tersebut banyak dan ukurannya besar.

Anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan saat proses selesai. Indikator progres hanya akan hilang dan Anda akan melihat folder temp menjadi kosong, atau hampir kosong. Silakan tutup jendela ini.

Jika Anda menghapus begitu banyak data sehingga tidak semuanya dapat dikirim ke Recycle Bin, Anda akan diberi tahu bahwa data tersebut akan dihapus secara permanen.

7. Terakhir, buka Recycle Bin di Desktop Anda, klik kanan dan tahan ikon, lalu pilih Empty Recycle Bin.

Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus item, yang akan secara permanen menghapus temporary file tersebut dari komputer Anda.

Tips: Ketika menghapus temporary file di Windows, Anda bisa menahan Shift saat Anda menghapus file. Ini adalah trik yang akan membuat file tidak disimpan di Recycle Bin, pada dasarnya menghapusnya secara “permanen” dan tidak perlu melakukan langkah terakhir di atas.


Baca juga:

• 16 Cara mengatasi laptop lemot windows 10

Menggunakan Perintah LINE COMMAND

Cara menghapus temporary file di Windows 10 yang dijelaskan di atas adalah langkah-langkah menghapus temporary file secara normal yang harus Anda lakukan secara manual.

Jika Anda lebih suka, Anda dapat membuat program mini Anda sendiri yang dapat menghapus file temporer ini secara otomatis dengan klik dua kali file BAT.

Anda dapat melakukannya menggunakan perintah Command Prompt rd (remove directory) untuk menghapus seluruh folder dan semua subfolder.

Ketik perintah berikut ke Notepad atau editor teks lainnya, dan simpan dengan ekstensi file .BAT:

rd %temp% /s /q

Huruf q adalah parameter sebagai petunjuk konfirmasi untuk menghapus file dan folder, dan s adalah untuk menghapus semua subfolder dan file dalam folder temp.

Jika environment variable  %temp% tidak berfungsi karena alasan tertentu, silahkan ganti lokasi folder sebenarnya yang disebutkan pada Langkah 2 di atas, tetapi pastikan Anda mengetik jalur folder yang benar, dan untuk amannya, lingkari jalur dalam tanda kutip seperti ini:

rd “C: \Users\jonfi\AppData\Local\Temp” /s /q

Jenis temporary file lainnya di Windows

Folder Temp bukan satu-satunya tempat temporary file, dan grup file lain yang tidak diperlukan lagi, disimpan di komputer Windows.

Folder Temp yang Anda temukan di Langkah 2 di atas adalah di mana Anda akan menemukan beberapa temporary file operating-system-created pada Windows, tetapi folder C:\Windows\Temp\ berisi sejumlah file tambahan yang tidak diperlukan lagi.

Silahkan buka folder Temp itu dan hapus apa pun yang Anda temukan di sana.

Periksa Cache Browser

Browser Anda juga menyimpan temporary file, biasanya sebagai upaya untuk mempercepat browsing dengan memuat versi cache dari halaman web saat Anda mengunjunginya kembali.

Silahkan baca artikel kami tentang Cara Hapus Cache Browser untuk menghapus temporary file di browser.

Lokasi lain yang lebih sulit ditemukan juga berisi temporary file.

Disk Cleanup, sebuah utilitas yang termasuk dalam semua versi Windows, dapat membantu menghapus konten dari beberapa folder temporer lainnya untuk Anda secara otomatis.

Anda dapat membukanya di kotak dialog Run ( WIN + R ) melalui perintah cleanmgr.

Tool Penghapus Untuk Windows

“Cleaner system” khusus seperti program CCleaner gratis dapat membantu Anda menghapus temporary file, dan pekerjaan serupa, menjadi sangat mudah.

Banyak software pembersih komputer gratis selain CCleaner yang bisa Anda dipilih, seperti Wise Disk Cleaner, Baidu PC Faster, dan lainnya .

Tips: Periksa berapa banyak space kosong padai hard drive Anda, sebelum dan sesudah Anda menghapus temporary file, untuk melihat seberapa banyak (space) ruang yang Anda pulihkan.

Akhir Kata

Itulah cara menghapus temporary file di Windows 10 dan versi Windows laiinya.

Semoga Anda sudah bisa mengapus file sementara di laptop Windows Anda agar laptop Anda jadi lebih kencang.


Baca juga:

• 3 Cara menghapus file sampah di laptop

• 5 Cara mempercepat laptop windows 10

Tinggalkan komentar